Senin, 15 Oktober 2012

Tugas softskill :) MANUSIA DAN CINTA KASIH . By . EMPUUT PUTRI


MANUSIA DAN CINTA KASIH


Sebelum masuk kedalam Tema di atas yaitu Manusia dan Cinta Kasih . Mari kita lihat sejenak apa perbedaan antara Apa itu Cinta dan Apa itu Kasih… ^^
Kebanyakan orang menganggap bahwa cinta itu hanyalah perasaan yang timbul saat kita mempunyai pacar saling menyayangi dan mencintai , padahal sebenarnya definisi cinta itu bukan hanya tentang pacar bahkan bisa mencakup segala hal.Tetapi Cinta itu adalah perasaan yang timbul dimana seseorang merasa sangat nyaman dan merasa sangat menghargai pada satu hal baik kepada cinta kita untuk Tuhan (Allah swt) ,cinta kita untuk teman , cinta untuk sahabat ,cinta untuk kekasih ,cinta kita untuk keluarga ,cinta kepada binatang peliharaan ,cinta barang berharga atau apapun yang kita anggap hal itu adalah hal paling berharga dalam diri kita dalam arti (tidak mau kehilangan). Itu adalah presepsi cinta menurut saya ,
lalu apa itu Kasih ?
Kasih adalah perasaan bagaimana seseorang merasa sangat tenang pada satu hal , merasa damai , bahkan bisa dikatakan perasaan kasih itu akan muncul dari hati paling dalam dan susah untuk diucapkan dengan kata-kata .Biasanya kata-kata kasih sering diikuti kata sayang . Mengapa? Karna kasih sayang itu adalah dua hal yang memang tercipta secara bersamaan dan memiliki arti yang saling berkaitan. Kasih sayang biasanya akan ada ketika kita melihat satu hal yang membuat hati kita tergetarkan , seperti contoh kecil saja pada saat kita berdoa memohon kepada Allah swt disini akan terjalin rasa kasih dan sayang kita kepada Allah swt melalui doa-doa yang kita panjatkan , melalui airmata yang kita teteskan , ataupun getaran hati kita untuk memanjatkan doa kepada yang Maha Kuasa. Kasih juga erat kaitannya dengan cinta karna perasaan yang timbul dari kasih akan menimbulkan juga rasa cinta.
Sadar atau tidak sadar rasa cinta dan kasih itu selalu ada disekeliling kita dan manusia pun harus selalu memiliki rasa cinta dan kasih , namun pada kenyataannya banyak manusia yang tidak bisa menyadari itu . Kebanyakan dari manusia yang tidak bisa melihat bahwa disekelilingnya banyak cinta kasih itu adalah manusia yang sangat rendah tingkat kerohaniannya , manusia yang belum memiliki rasa bersyukur , manusia yang selalu merasa sendiri dan memiliki tingkat emosi yang tinggi. Manusia seperti inilah yang wajib kita beri dorongan semangat yang membuat manusia itu sadar bahwa ia memiliki kemampuan yang lebih dan ia tidak sendiri karna masih ada Tuhan YME yang selalu ada disampingnya dan selalu menjaga nya dan melindung manusia kemana pun ia pergi. 
 Karna banyak kejadian akibat manusia yang selalu merasa sendiri itu mereka jadi frustasi ataupun “gila” karna tidak adanya faktor pendorong yang membuat dirinya semangat . Contohnya saja “bunuh diri” , banyak kejadian bunuh diri didasari karna ia tidak mampu menopang kehidupan yang semakin keras ataupun karna pada saat ia mendapat masalah tidak ada satupun orang yang menemaninya sehingga kejadian seperti ini bisa terjadi. Tentunya kita harus menyikapi kejadian seperti ini dengan positif dan jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi.
Itulah kenapa manusia harus memiliki rasa cinta dan kasih terhadap sesama manusia maupun cinta dan kasih kepada Tuhan YME.
Disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa-apa saja yang harusnya manusia dahulukan untuk menunjukan rasa cinta dan kasihnya itu agar jangan sampai cinta dan kasih kita pada sesama manusia mengalahkan rasa cinta kita kepada Allah swt dan Rasulnya.
Anggap saja kita memiliki rasa cinta dan kasih didalam HATI kita sebanyak 100%, akan dikemanakan kah sebaiknya hati kita? untuk ulasannya mari kita lihat yaa…. ^^
Kita sebut saja ini Math of Love ( Matematika Cinta ) :
Ingat yaaa………………………
Yang pertama adalah cinta kita untuk :

60 % to GOD ( Allah swt )
Kenapaaa siihhhh untuk Allah swt ???? , kenapa yang pertama bukan orang tua? Atau kenapa sih bukan pacar sendiri?!! (pasti deh ada yang mikirnya kayagini dalam hati)
Temen-temen kalo buat orang tua masih masuk diakal yaa tapi kalo buat pacar ??? Oh my….,itu sama aja temen-temen mendahulukan kepentingan duniawi dibanding akhirat.
Nah disini temen-temen harus sadar yaa , seberapa cinta nya kalian sama orang tua atau keluarga kalian atau bahkan sama pacar kalian , jangan sampai mengalahkan rasa cinta dan kasih kalian sama Allah swt . Karna Allah yang menciptakan alam semesta beserta isinya , yang membuat kita hidup , yang menentukan kapan kita hidup , kapan kita akan mati bahkan semua yang akan terjadi kedepan dalam hitungan detikpun Allah yang menentukan . Jadi itulah kenapa manusia harus mencintai Tuhan nya terlebih dahulu dibandingkan dengan apapun,tetapi bukan berarti menyepelekan orang-orang disekitar kita apalagi menyepelekan kedua orang tua. Maksud cinta dan kasih sama Tuhan disini adalah mendahulukan perintah-perintah dari Allah swt seperti melaksanakan sholat , bertadarus ,bershadaqah dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa tetapi tetap cinta terhadap sesama. J Karna dengan kita mendahulukan cinta kita kepada Allah swt insya allah semua yang kita inginkan akan mudah digenggam dan pastinya kita akan selalu disayangi oleh orang-orang disekitar kita
Oke , selanjutnya apa sih ??

Nah selanjutnya …..
Yang Kedua adalah cinta kita untuk


15% to Parents (Kedua Orang tua)
Iya bener banget ya kita emang harus cinta sama kedua orang tua kita J , Pertanyaanya kenapa sih Cuma 15%?? ( Pasti didalam hati kita bertanya-tanya pertanyaan seperti ini ..) Maksud 15persen disini adalah bukan karna dikit nya angka 15 persen itu , tapi maknanya Apa 15 persen itu , jadi saya hanya ingin kita sedikit menyadari bahwa tidak ada manusia didunia ini yang lebih mulia kecuali Ibu dan Ayah kita .
Ibu adalah sosok perempuan yang sangat mulia dimata saya didunia ini . Dia mengandung , melahirkan , menyusui , dan membesarkan kita sampai sebesar ini tanpa sedikitpun keluar kata lelah darinya untuk mengurus kita. Manusia memang tidak luput dari segala kelemahan , begitupun Ibu . Namun disetiap kelemahan itu Ibu selalu menjaga kita , selalu membuat kita tersenyum disaat yang lain ( teman atau kekasih ) sedang jauh . Ia selalu merangkul kita , walaupun terkadang hatinya sedang lemah tetap Ibu selalu tersenyum dimana pun dan kapanpun .Itulah mengapa ada kalimat “Surga itu ditelapak kaki Ibu” J.
Sedangkan Ayah , Ayah adalah sosok lelaki yang paling kuat didunia ini. Dia membesarkan , menghibur , menyayangi kita dengan sepenuh hatinya . Walau terkadang ayah terlihat dari wajahnya letih dan lelah karna seharian mencari nafkah untuk keluarga , tetapi Ayah tidak pernah tercetus sekalipun berkata menyesal karna telah memilki keluarga dan anak-anak. Ia selalu menjadi inspirasi bagi anak-anaknya .Ayah yang selalu kuat dan menjaga keluarga disaat yang lainnya tidak sanggup , dan ia merupakan sosok super bagi keluarga.
Sedikit ulasan itu mungkin cukup menggambarkan mengapa kita harus menghormati mencintai dan menyayangi Kedua Orang Tua kita, setelah cinta kita kepada Allah swt.
Selanjutnya….
Yang Ketiga adalah cinta kita untuk

10% to Family ( Keluarga )
Keluarga merupakan tempat dimana kita bersandar menumpahkan segala curahan kita ,mereka yang tau kelebihan kita maupun kekurangan kita . mereka yang selalu mengerti kita dimana pun dan apapun situasi kita , mereka yang selalu memberi dorongan dan semangat untuk menghadapi masa depan yang lebih cerah walaupun terkadang tercetus komentar-komentar negatif yang keluar dari mulut mereka tapi itu semata-mata untuk membuat kita lebih baik kedepannya . Karna biasanya kejelekan kita di mata teman atau sahabat yang tidak berani dikatakan kepada kita , dikeluarga mereka katakan agar kita bisa mengintrospeksi diri menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Yang ke Empat adalah cinta kita untuk

8% to Friendship ( Bersahabat )
Manusia tidak bisa hidup sendiri perlu adanya komunikasi dengan sesama manusia .Bukalah seluas-luasnya jaringan pertemanan dan jalinlah suatu persahabatan karna disinilah kita dapat bertukar pikiran menumpahkan segala isi hati cinta kasih kita pada sahabat kita dan memperbanyak teman. Karna sahabat selalu ada disaat susah ataupun senang merekalah yang senantiasa mendengarkan apapun keluhan kita J dan melalui persahabatan hidup bisa jadi lebih berwarna dan menyenangkan bisa bersosialisasi dengan orang banyak

Yang ke Lima adalah cinta kasih kita untuk

6% to Happiness ( Kebahagiaan )
Kebahagiaan adalah hak mutlak yang wajib kita miliki tentunya agar kita selalu tersenyum dalam menghadapi kehidupan apapun yang membuat kita merasa bahagia. Kebahagiaan ini banyak macamnya , kebahagiaan bisa berupa berbagi terhadap sesama ( menyantuni anak yatim , fakir miskin  ) Hal seperti ini juga bisa disebut kebahagiaan karna akan ditabung untuk bekal di akhirat kelak , kebahagiaan berbagi ilmu pengetahuan di bidang pendidikan disini terjalin rasa kebersamaan dan saling membantu. Kebahagiaan berikutnya adalah menjalin komunitas ,dengan kesamaan hobbi , kesamaan visi , ataupun hal-hal positif lainnya yang membuat kita bisa berbagi keceriaan dengan berbagai macam perbedaan yang ada.Tentunya dengan kebahagiaan seperti ini membuat cinta dan kasih kita untuk sesama manusia akan lebih bermanfaat dan lebih berguna .

Dan yang terakhir adalah cinta kita untuk 

1% to Boyfriend or Girlfriend
Hanya boleh 1 persen hati kita untuk memikirkan pacar kita..
Inilah inti pada khususnya mengapa cinta dan kasih kita sebagai manusia jangan berlebihan untuk kekasih kita  . Karna dibalik itu semua masih banyak hal yang harus diperhitungkan apalagi khususnya untuk para perempuan yang sedang patah hati ini harusnya menjadi renungan penting .Karna masih banyak hal yang berguna dibalik kesedihan ataupun penyesalan yang sering dirasakan oleh para perempuan . Jadi sebaiknya jangan membuang waktu kalian untuk memikirkan laki-laki. Karna cinta dan kasih untuk pacar kita hanya 1 % sebaiknya melakukan hal-hal positif lainnya sebelum memikirkan pacar kita (Terkecuali untuk yang sudah menikah J).
       Manusia dan cinta kasih berarti manusia yang selalu menghormati dan menghargai orang-orang disekelilingnya ,tidak saling menyakiti ataupun saling bermusuhan . Karna kita hidup didunia ini memang tidak lain adalah untuk saling menghormati satu sama lain. Terkadang apa yang ada dimulut kita serta merta tidak berbarengan dengan apa yang ada dihati , contoh nya saja terkadang sadar ataupun tidak sadar ketika membicarakan kejelekan seseorang namun ketika bertatapan langsung dengan orang tersebut kita tersenyum manis dan sama sekali berbeda 180 derajat . Itu artinya masih banyak orang yang berpura-pura dalam selimut ( tidak bisa jujur dari diri sendiri). Kebanyakan dari orang seperti ini adalah mereka yang takut kalau sampai orang yang dibicarakan tersinggung mendengar kata-kata yang langsung keluar dari mulut mereka , Padahal justru orang yang dibicarakan itu akan sakit hati jika ia mendengar bahwa ada orang yang membicarakannya secara diam-diam. Nah tujuan dari cinta dan kasih terhadap sesama manusia adalah rasa saling keterbukaan , dan tidak saling menyakiti .
Agar tercipta manusia yang selalu memiliki rasa cinta dan kasih ini saya mempunyai beberapa tips yang kiranya dapat membantu supaya kita selalu memiliki rasa cinta dan kasih , Check it out …
1.  Tersenyumlah ..


Senyum merupakan perilaku yang mudah namun bermakna. Hanya melalui sebuah senyuman seseorang bisa terlihat lebih cantik atau pun lebih tampan dari sebelumnya . Kenapa? Karena melalui sebuah senyuman kita bisa menyampaikan sejuta kata ataupun bahasa yang tidak bisa diucapkan tapi bisa dibaca dengan senyuman . Melalui senyuman seseorang akan melihat bagaimana ketulusan ataupun cinta kasih dari sebuah senyuman itu. Dan hanya dengan senyuman dari dalam hatilah yang bisa menggambarkan bagaimana cinta kasih tersebut. Maka dari itu tersenyumlah kepada setiap orang yang dekat ataupun kenal dengan anda maka cinta dan kasih pun akan datang menghampiri kita (tidak senyum-senyum sendiri yah ) ^^ hehe.
2.  Bersikaplah yang santun ( jagalah setiap perilaku )
Dengan menjaga setiap perilaku kita , tentunya akan banyak orang yang menyayangi kita karna kita selalu ramah dan menjaga setiap perilaku kita ataupun tutur bahasa kita. Tentunya hal ini bisa disesuaikan dengan dimana dan dengan siapa kita bergaul. Dengan begini orang akan lebih banyak menghargai kita ketimbang membicarakan kita.

3.  Selalu bisa mengontrol emosi
Mengontrol emosi disini adalah jangan sesekali anda terlalu bebas mengutarakan apa yang ada dihati anda. Misalnya untuk anak-anak jaman sekarang yang sudah kecanduan oleh teknologi seperti blackberry , facebook , twitter , ataupun blog sekalipun , terkadang anak-anak muda jaman sekarang menganggap bahwa dengan kita mengupdate status hati kita menjadi lega , boleh seperti itu tapi tidak berlebihan ataupun malah terkesan lebay. Karna ada kalanya masalah pribadi, ada juga masalah yang memang pantas untuk di share . Jangan buat kita malah dibenci oleh orang – orang disekitar kita karna terlalu berlebihan mengungkapkan setiap perasaan itu.

4.  Mencintai sesama dan saling berbagi kepada yang kurang beruntung.
Kenapa? Karna kita hidup didunia ini tidak sendiri , banyak orang-orang yang kurang beruntung disekeliling kita. Disinilah arti dari manusia dan cinta kasih sendiri , dimana sikap saling berbagi dan ketulusan dan keikhlasan membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung.
5.  Selalu bisa menempatkan diri.
Dimanapun dan kapanpun kita harus bisa menempatkan diri ketika sedang bergaul dengan teman sebaya , orang yang lebih tua ataupun orang tua kita . Jangan sampai kita dijauhi karna tidak bisa menempatkan diri dalam bersikap.
6.  Memahami karakter masing-masing orang .
Karna setiap orang memiliki batasan-batasan bagaimana cara bersikap , agar kita menjadi manusia yang selalu dicintai dan disayangi setiap orang. Jadikan diri kita sebagai orang yang selalu memahami karakter masing-masing orang agar kita selalu menjadi manusia yang memiliki rasa cinta dan kasih.
7.  Berterimakasih lah kepada Tuhan YME
Dengan kita berterimakasih kepadanya , kita akan selalu dilindungi dan selalu dijaga agar kita selalu dijadikan hamba yang dicintai dan disayangi oleh orang-orang sekitar.
Setiap manusia harus memiliki rasa cinta dan kasih .Inti dari semua penjelasan saya tentang manusia dan cinta kasih adalah Cintailah Tuhanmu , Cintailah Kedua Orangtuamu , Cintailah Sahabatmu , Cintailah Kebahagiaanmu , Cintailah Kehidupanmu , Maka orang-orang disekelilingmu akan mencintaimu lebih.
SEKIAN
Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan blog .
Semoga bermanfaat ^^ ( TUGAS SOFTSKILL )
Terimakasih :)
REFERENSI:
Math of love merupakan cerita dari Kakak saya Rina Nur Lia Wati.
Sumber :
-      Diri sendiri
All of picture is from GOOGLE :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar