Kamis, 17 Januari 2013

TUGAS 7 IBD Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri


TANGGUNG JAWAB TERHADAP LINGKUNGAN



Tanggung jawab adalah sikap terpuji yang wajib dimiliki oleh semua manusia, tak terkecuali oleh para mahasiswa. Mahasiswa harus mempunyai rasa tanggung jawab dalam setiap hal yang dilakukannya. Mengapa demikian? Karna tanggung jawab merupakan suatu proses bagaimana kita bisa menjaga peranan kita dalam melaksanakan sesuatu.
Dalam tugas penulisan ini saya akan membahas tanggung jawab saya terhadap lingkungan.
Pada saat ini pernahkah kita berfikir sejenak bahwa bumi kita sudah terlalu tua? Pernahkah kita berfikir bahwa kita sedang dihadapi oleh banyak masalah yang timbul akibat kecerobohan kita terhadap lingkungan? Global warming, lingkungan yang rusak , polusi yang banyak , penebangan liar secara besar-besaran, pembakaran hutan . Itu hanyalah sebagian kecil hal yang timbul akibat ulah kita sebagai manusia . Sadar atau tidak sadar sebenarnya hal itu dapat mengancam keselamatan kita di bumi ini . Lama kelamaan apabila hal itu terus dilakukan maka bencana lah yang akan timbul menyerang seluruh makhluk yang ada di bumi ini. Kita tahu bahwa saat ini kita sering melakukan tindakkan negative yang dapat merusak lingkungan kita di bumi ini . Tetapi mengapa kita hanya diam dan tidak bisa berbuat apa-apa?”
 “Banjir” 
yang sekarang sedang melanda ibu kota Jakarta adalah contoh kecil dari akibat perbuatan kita yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan .
Tidakkah seharusnya kita sadar dan peduli akan lingkungan kita . !!
Sadarilah bahwa kita mempunyai peranan penting dalam kehidupan anak dan cucu kita di masa depan nanti . Setiap manusia yang hidup mempunyai tanggung jawabnya masing-masing untuk menjaga lingkungan. Tanggung jawab untuk menjaga lingkungan agar tetap  terjaga kelestariannya. Sebagai  mahasiswa kita mempunyai tanggung jawab penting terhadap lingkungan .
Caranya adalah

 Dengan selalu menjaga kebersihan , membuang sampah pada tempatnya,


 Menanam pepohonan / tanaman , memelihara tumbuh-tumbuhan yang ada , 


Hemat dalam memakai air , 


 Tidak boros menggunakan alat-alat elektronik , selalu mematikan elektronik bila tidak diperlukan


  Aktif dalam kegiatan positif dalam menjaga lingkungan




 tidak berlebihan menggunakan bensin dan masih banyak lagi, semua itu  dimulai dengan kesadaran dari diri sendiri.
Tanggung jawab terhadap lingkungan memang kurang diperhatikan saat ini alias banyak yang menyepelekan, tetapi ketahuilah bahwa kalau bukan kita yang bergerak maka siapa lagi yang akan menjaga kelestarian bumi ini. Buatlah gerakan positive untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan . Tanggung jawab sekecil apapun terhadap lingkungan dapat berpengaruh besar pada kelelstarian lingkungan kita di masa mendatang. Maka dari itu ayo sama-sama kita jaga kelestarian lingkungan kita untuk menjaga kehidupan dimasa mendatang. Tanggung jawab terhadap lingkungan kita ada di pundak kita. Go green !
NAMA : PUTRI KURNIASIH
NPM    : 15212769
TUGAS IBd Ilmu Budaya Dasar
sumber : Picture all from google.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar