Rabu, 13 Januari 2016

Tugas Softskill - Mata Kuliah Etika Bisnis

NAMA            : PUTRI KURNIASIH
KELAS: 4EA07
TUGAS SOFTSKILL
Hallo perkenalkan namaku Putri Kurniasih , teman teman biasa memanggilku dengan panggilan emput. Aku adalah putri dari kedua orang tua bernama bapak Mutohar dan Ibu Endang wati. Dan aku sangat bangga memiliki orang tua seperti mereka. Aku adalah anak terakhir dari 7 bersaudara , ya aku adalah anak bungsu .Aku lahir di Ibukota Indonesia ya di Jakarta ,tepatnya pada tanggal 29 September 1993 di suatu rumah sakit di daerah Jakarta selatan. Aku dilahirkan dengan keturunan darah kental jawa karena kedua orang tua ku berasal dari Jawa tepatnya Jawa tengah daerah kota Kroya - Cilacap. Namun, biarpun aku lahir dengan keturunan darah jawa tetapi aku sudah tinggal di Jakarta sejak aku baru dilahirkan. Dan kedua orang tua ku pun sudah lama menetap di kota Jakarta sejak mereka baru menikah. Maka tidak heran jika orang-orang banyak yang tidak menyangka bahwa aku keturunan asli jawa. Kebanyakan orang menyangka bahwa aku keturunan betawi alias daerah kota dimana aku dilahirkan. Ngomong-ngomong panggilan nama emput di berikan oleh teman-teman sebaya ku sejak aku smp. Karena pada saat itu banyak sekali di sekolah ku yang bernama PUTRI maka beberapa teman-teman memanggilku dengan sebutan emput agar terdengar lebih unik dan tidak pasaran. Panggilan nama emput pun berlanjut hingga sma bahkan sampai kuliah sekarang. Aku tinggal di daerah Tanjung Barat tepatnya di Jalan Nangka kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa. Perjalanan pendidikan ku dimulai dari umur 6 tahun tepatnya di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari Komplek Akri . Beranjak dari taman kanak-kanak aku meneruskan bersekolah di sekolah dasar di SDN Ragunan 07 Pagi, sekitar umur 6 tahun setengah. Ini adalah masa-masa dimana aku senang sekali belajar dan bermain. Disana aku juga diajarkan bagaimana caranya membaca dan menulis yang baik , meskipun ketika masa tk sudah di ajarkan. Aku merupakan anak yang pendiam sewaktu sekolah dasar, kegiatan ku tidak banyak semasa sekolah dasar. Hanya belajar disekolah lalu les menari dan pulang ke rumah. Aku suka berteman dengan siapa saja tetapi sewaktu-waktu aku merasa malu ketika harus memulai berkenalan dengan teman-teman yang baru. Saat sekolah dasar aku merupakan anak yang rajin sehingga selalu ranking 10 besar. Menjelang ujian general test aku belajar dengan sebaik-baiknya tetapi tetap santai dalam menghadapi ujian dan berusaha agar tidak terlalu pusing menghadapi ujian ini alhamdulillah aku dapat dengan mudah dan lancar mengerjakan soal-soal ujian . Menjelang pengumuman kelulusan dan penerimaan hati ku berdebar-debar karna pihak sekolah menyuruh semua anak-anak murid kelas 6 untuk datang dan melihat sendiri pengumuman kelulusan yang tertempel di dinding sekolah dan kita harus menemukan kertas pengumuman itu yang tersembunyi di sekitar lingkungan sekolah. Hati ku senang bukan main ketika aku diterima di sekolah yang aku inginkan yaitu SMPN 56 Jakarta. Aku sangat bersyukur sekali namun aku juga sedih karna harus berpisah dengan teman-teman ku yang lain.
Melanjutkan sekolah menengah pertama ku di SMPN 56 merupakan hal yang paling aku inginkan. Awal sekolah disana aku melihat gedung sekolah ku yang bagus dan memiliki fasilitas-fasilitas yang bagus. Didalam smpn itu memiliki 2 gedung sekolah yang satu berbentuk letter U dan yang satunya Letter L . Sekolah ini memang lumayan besar , lapangan olah raganya saja terbagi menjadi 3 bagian yaitu lapangan basket, lapangan volley dan lapangan untuk senam juga bermain kasti. Aku sangat bersyukur dapat bersekolah di SMP yang bagus ini.
Selanjutnya sekolah menengah atas ,ini adalah masa-masa terindah sepanjang perjalanan pendidikan ku. Aku bersekolah di salah satu sekolah didaerah pasar minggu. Sekolah yang tidak terlalu bagus kelihatan dari gedung nya tetapi ternyata memiliki kualitas yang baik sejajar dengan sekolah-sekolah negeri yang lain. Yaa.. aku bersekolah di SMA Bunda Kandung . Bukan STM tetapi SMA nya. Memang tidak banyak yang mengetahui sekolah ini banyak yang mengira bahwa sekolah ini hanya ada stm nya saja yang di didik hanya anak laki-laki. Tetapi sekolah ini mempunyai SMA yang perempuan juga bisa bersekolah disini. Awal mula dari kenapa aku bisa bersekolah disini adalah saat aku tidak diterima di SMK negeri pilihan sehingga aku pun harus tergeser dan beralih ke sekolah swasta. Saat itu aku pindah rumah ke wilayah tanjung barat aku tidak tahu sekolah mana yang berada di sekitar wilayah tanjung barat. Dan hari itu adalah hari terakhir dimana pendaftaran untuk sekolah-sekolah swasta dilakukan. Aku pun panik karna tidak tau harus bersekolah dimana. Hingga kakak ipar ku menyarankan ku untuk bersekolah di daerah pasar minggu tepatnya di sma bk. Melanjutkan sekolah di sma ini pada awalnya aku biasa saja dan seperti tidak bersemangat. Tetapi bapak pernah berkata bahwa “Sekolah itu dimana saja yang penting kamu bisa bersaing dan menunjukan bahwa kamu bisa mengambil ilmunya”. Mendengar kata-kata bapak aku pun semangat bahwa dia hanya ingin anaknya sukses dimana pun sekolahnya. Karena kedua orangtuaku juga susah payah untuk menyekolahkan ku bekerja keras mencari nafkah. Itulah yang membuat ku yakin bahwa aku harus berubah , menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga dapat membanggakan kedua orang tuaku. Aku bertekad untuk benar-benar mewujudkan mimpi mereka agar selepas dari sma aku dapat kuliah di universitas negeri. . Di kelas 3 SMA salah seorang guru memanggilku keruangan nya. Ia meminta ku untuk menjadi salah satu perwakilan SNMPTN Undangan. Hanya 20 orang saja yang terpilih untuk mengikuti jalur snmptn undangan karena dilihat dari nilai rapot yang bagus dari kelas 1 sampai kelas 3 sma. Saat itu aku bingung karna belum memikirkan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi mana. Hingga aku terpikir oleh kata-kata kedua orang tua ku yang menginginkan aku berkuliah di perguruan tinggi negeri. Saat itu aku memilih pilihan pertama Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Keperawatan dan pilihan kedua UNJ Universitas Negeri Jakarta Jurusan Management Economic. Pada pilihan pertama aku memilih ilmu keperawatan adalah karna bapak ku ingin sekali aku menjadi seorang perawat. Awalnya aku hanya coba-coba saja karena diberi kesempatan untuk mengikuti snmptn undangan. Tetapi begitu tiba saat pengumuman kelulusan snmptn undangan aku terkejut karena aku lolos masuk jalur snmptn undangan di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Keperawatan. Kuliah di UI sangat membuat keluarga ku harus mempersiapkan segala sesuatu nya apalagi aku masuk di jurusan perawat yang pastinya kedua orang tua ku harus siap mempersiapkan kondisi keuangan. Perjalanan aku kuliah di UI mengalami pasang surut, banyak sekali rintangan yang aku hadapi. Mulai dari tugas-tugas yang sangat amat banyak, teman-teman yang berkubu-kubu sampai kondisi keuangan keluarga ku yang naik turun. Saat itu kondisi perekonomian dikeluarga ku mengalami kemunduran, aku pun tidak bisa membayar uang iuran bayaran untuk semester 2. Aku berhenti kuliah diakhir semester 1 tahun 2011. Salah satu teman ku mengetahui cerita ku berhenti dari UI dan mengajak ku untuk bangkit agar dapat membantu kondisi keuangan di keluarga ku. Mulailah aku untuk bekerja di salah satu department store Manggarai bernama The Body Shop. Aku bekerja disana selama 6 bulan. Banyak cerita suka dan duka selama aku bekerja disana . Hingga akhirnya kakak kedua ku mengajak ku untuk berkuliah lagi dia berjanji akan menanggung semua biaya kuliah ku sampai aku selesai. Aku pun menerima tawaran baik dari kakak ku dan aku pun memutuskan untuk berhenti bekerja dan melanjutkan berkuliah di universitas Gunadarma tahun 2012. Sampai saat ini aku sudah memasuki semester 6. Aku sangat bersyukur karena atas kejadian ini aku dapat mengambil segala hikmah yang ada hingga aku bisa berkuliah kembali hingga detik ini. Terimakasih ya Allah....
Perjalanan cinta pun menjadi bagian tersendiri dalam hidup ku. Merasakan jatuh cinta pada beberapa laki-laki yang pernah mengisi hatiku membuat ku menjadi pengalaman tersendiri dan menjadi pribadi yang lebih dewasa menghadapi sesuatu. Meskipun terkadang sikap kekanak-kanakan ku sering muncul dikarenakan aku adalah anak terakhir dikeluarga ku dan membuat ku menjadi sosok yang masih belum bisa mengontrol emosi dengan baik. Ketika mood ku sedang baik aku bisa menjadi aku yang biasa , periang, orang yang banyak berbicara, anak paling ceria didunia ini dan selalu ramah kepada siapa saja. Namun terkadang ketika mood ku sedang tidak baik ketika aku sedang merasa lelah dan kesal terhadap sesuatu atau ada hal yang tidak ku suka , aku bisa saja menjadi orang pendiam yang pernah kalian kenal, aku bisa menjadi orang yang tidak mau berbicara kepada siapapun, menjadi sensitif terhadap apapun. Bukan maksudku ingin melampiaskan nya kepada orang-orang terdekatku termasuk pacar ku. Asam manis dan pahitnya merasakan cinta pernah aku rasakan sejak pertama kali aku pacaran. Merasakan rasanya jatuh cinta pertama kali adalah sewaktu aku berusia 12 tahun. Sedikit cerita saat itu aku hanya bisa mengagumi dari jauh saja tanpa bisa berkata suka padanya karna aku tidak berfikir akan menjadi pacarnya . Fikiran ku saat itu hanya sekedar suka dan mungkin itu yang disebut cinta monyet. Hehehe:D . Pengalaman suka duka dalam kehidupan percintaan pun pernah aku rasakan. Dari mulai di duakan, menjadi orang kedua, dibohongi, di perlakukan kasar , hubungan jarak jauh, cinta dalam hati , sampai pernah trauma dan tidak ingin punya pacar lagi haha semua sudah pernah aku rasakan. Namun aku sudah menutup itu semua dalam-dalam karna sekarang aku sudah ingin membuka lembaran baru dalam hidupku dan sekarang sudah ada seseorang yang dapat merubah hidupku menjadi aku yang sesungguhnya. Menjadi penerang dalam kehidupan ku yang gelap, menjadi penenang ketika semua nya ricuh, menjadi obat ketika aku sedang sakit, menjadi tertawa ketika sedang sedih, menjadi baik ketika sedang marah dan dia berhasil merubah segalanya . Orang itu adalah Arifin Faturochman. Ya, dia tadinya adalah teman sekelasku yang sampai sekarang menjadi pacar (Hehehe). Sebetulnya tidak menyangka bahwa kami berdua bisa menjadi sepasang kekasih karna hubungan kami yang awalnya hanya berteman dan berubah menjadi pacaran.
Cita-cita aku ingin lulus kuliah dengan nilai yang bagus dengan predikat sangat memuaskan menjadi sarjana ekonomi . Setelah itu aku ingin menjadi menteri keuangan atau bekerja di bank indonesia sebagai general manajer atau perusahaan negara dengan gaji diatas 8 juta. AMIN. Setelah aku memiliki banyak uang aku ingin membeli mobil ,aku ingin berangkat dan memberangkatkan kedua orangtua ku pergi haji dan membahagia kan mereka. Setelah sukses nanti aku juga ingin keliling dunia mencari pengalaman di negara orang lain dan membangun keluarga bersama jodohku kelak. Itu juga merupakan cita-citaku. Aaamiinn ya allah J tempat favorit ku ketika ingin mencari suasana baru adalah pantai dan pegunungan yang hijau. Entah kenapa aku memang menyukai wisata alam ketimbang harus ke mall atau menonton film dibioskop. Aku sangat menyukai jalan-jalan atau travelling biasanya kalau memang sedang suntuk terhadap sesuatu aku ingin langsung pergi ke suatu tempat untuk menghilangkan pusing , tidak perlu mahal cukup sederhana tetapi berkesan. Aku juga suka sekali bernyanyi, tetapi karna tidak pernah tersalurkan secara langsung maka itu hanya sebatas hobby saja. Aku suka mengcover lagu-lagu dan menguploadnya ke soundcloud (https://soundcloud.com/putriempuut), memang tidak begitu bagus tetapi pendengarnya lumayan banyak hehehe.
Warna favorit ku adalah ungu, putih ,dan merah. Ungu memang warna kesukaan ku sejak lama tetapi putih dan merah pun menjadi warna kesukaan ku baru baru ini. Aku juga sangat suka bunga mawar terutama mawar putih. Makanan kesukaan adalah ice cream Connelo rasa coklat atau ice cream cone mcd vanilla, rendang padang , pasta fettucini, sushi, ramenone ,indomie rasa kari ayam dan soto ayam buatan mamah.
Tentunya setiap orang mempunyai idola yang sangat dia kagumi. Sosok idola pertama ku adalah Rasulullah Muhammad SAW . Beliau adalah panutan setiap umat. Aku meneladani sosoknya karna beliau memiliki sikap dan sifat yang rendah hati, menjadi teladan bagi semua orang, beliau selalu mengajarkan kebaikan kepada umatnya, mengasihi setiap umatnya, dan teladan bagi umat islam. Yang kedua adalah kedua orang tua yang tentunya sudah memberikan cinta dan kasih sayangnya kepada anaknya. Yang ketiga mungkin ini yang memang sudah dari dulu aku ingin sekali bertemu dengan mereka secara langsung ZAYN MALIK ONE DIRECTION DAN SUPER JUNIOR. Tidak perlu dijelaskan dengan kata-kata karna aku sangat ngefans dengan mereka. Untuk zayn malik aku hanya bisa menonton di layar tv atau youtube karna tidak pernah melihat dia , kemarin dia mengadakan konser namun aku tidak bisa menonton karna tidak ada uang untuk beli tiketnya L . Tetapi kalau super junior aku sudah pernah menonton secara langsung konsernya. Semoga dapat bertemu secara langsung 4 mata dengan mereka hehehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar